Tulisan Berjalan

NIKMATILAH PEKERJAANMU NISCAYA KAMU AKAN MENEMUKAN KEBAHAGIAAN YG TERPENDAM

Selasa, 06 Januari 2015

Ini Cara Jaga Kesehatan Mata di Era Gadget


Wihdan Hidayat/Republika
Perempuan dan gadget.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Saat ini, sebagian individu tiada hari tanpa di depan komputer atau gadget. Kondisi ini, berdampak pada lelahnya mata.
Bagaimana menjaga kondisi mata tetap sehat?
Pertama, beristirahat. Menatap layar monitor terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Saat mata mulai terasa lelah, lakukanlah istirahat kecil, seperti berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan anda pada objek lain

Dua, memberikan jarak computer. Menatap layar monitor terlalu dekat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mata. Area punggung dan leher pun bisa terasa pegal.  Untuk itu berilah jarak antara tempat duduk dengan layar monitor. Buat posisi senyaman mungkin agar anda tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

Tiga, mengendurkan otot-otot mata dengan cara menggosok-gosokan kedua telapak tangan yang kemudian akan menghasilkan efek panas, setelah itu tempatkan jari-jari tangan yang terasa panas pada daerah atas mata. Panas tubuh tersebut akan membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks.

Empat, aturlah kecerahan layar. Usahakan untuk tidak terlalu terang, agar mata anda tidak cepat merasa lelah. Lima, gunakanlah kacamata anti silau bila perlu. Hal ini dilakukan agar mata senantiasa terjaga dari paparan cahaya yang terlalu kontras.

Enam, memijat mata. Cara lain yang lebih nyaman adalah rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit agar otot mata tidak tegang.

Tujuh, berkedip. Ini adalah cara paling sederhana untuk menyegarkan mata. Saat merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Dan terakhir biasakanlah untuk memeriksakan kesehatan mata. 

Tidak ada komentar: